Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Provinsi Kalimantan Timur

Kegiatan FGD Identifikasi Lahan dan Hilirisasi Industri di Kalimantan Timur

Kepala DPMPTSP Kaltim Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Forum Group Discussion Identifikasi Lahan & Hilirisasi Industri Di Kaltim yang diselenggarakan oleh Disperindagkop Kaltim.

Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto menghadiri undangan Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kaltim, yang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Identifikasi Lahan dan Hilirisasi Industri di Kaltim. Kegiatan dibuka oleh Sekda Kaltim Sri Wahyuni. Menurut Sekda, salah satu kunci di dalam transformasi ekonomi adalah hilirisasi industri, meskipun Kaltim ini relatif masih bertumpu pada sektor ekonomi yang bersifat ekstraktif..

“Bagaimana kemudian identifikasi lahan dan potensi untuk hilirisasi industri di Kaltim dan di masing-masing kabupaten kota itu bisa dipetakan dengan baik, kemudian disinergikan dengan rencana pengembangan industri yang sudah dituangkan peraturan daerah provinsi dan kabupaten/kota,” tandasnya..

Pemetaan yang dilakukan menjadi masukan bagi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, terkait dukungan potensi hilirisasi di tiga daerah Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Samarinda..

Selain tiga daerah ini, lanjut Sekda, kawasan industri yang dinyatakan sebagai bagian dari super hub pengembangan ekonomi IKN adalah kawasan industri Buluminung di PPU, kawasan industri Kariangau Balikpapan, dan kawasan ekonomi khusus MBTK di Kutim..

“Enam area ini menjadi trigger bagi pengembangan hilirisasi di Provinsi Kaltim untuk mendukung Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.


TAGGED :

Jl. Basuki Rahmat No.56, Sungai Pinang Luar, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75125

085173466558

dpmptsp@kaltimprov.go.id

STATISTIK PENGUNJUNG

Hari Ini : 50
Kemarin : 2
Bulan Ini : 518
Tahun Ini : 918
Total : 918

About Developer - AK Kreatif